Teliti Pemikiran Mulla Shadra, Dosen Filsafat Unhas Raih Gelar Doktor Pemikiran Islam Kontemporer di Iran

FAJAR.CO.ID, TAHERAN--Padukan dimensi sosial yang terdapat dalam Hikmah Muthaaliyah untuk mewujudkan teori sosial di Iran, menjadi disertasi yang mengantarkan Suprataman, Dosen Sastra Arab Unhas meraih gelar Doktornya di Al Mustafa International University-Taheran.

Supratman menjelaskan, Al Hikmah Al Muthaaliyah merupakan sebuah pemikiran dan filsafat yang dicetuskan oleh Mulla Shadra. Dimana katanya, filsafat ini adalah filsafat yang sangat kaya dan multi tafsir dan itu bisa dilihat dari sumber pemikiran yang digunakan dengan menggabungkan berbagai sumber yaitu Quran, hadis, analisa teks ,lingusitik, fenomena fosial dan sejarah.

"Penekanan disertasi saya adalah melacak dan menjelaskan fondasi dimensi sosial yang ada dalam Al Hikmah Muthaaliyah untuk mewujudkan sebuah teori sosial yang khas di Iran, yang mana bisa jadi cocok juga di negara muslim lainnya untuk diterapakan," paparnya, Jumat (5/6/2020).

Lanjut dijelaskan, adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian tersebut yaitu analisa teks, rasionalitas dan realisme.

"Yang saya gunakan yaitu pendekatan analisa Teks rasionalitas dan realisme. Sementara itu, rumusan yang paling kuat untuk menjelaskan dimensi sosial dari hikmat muthaliyah yaitu Al harakah al jauhariyah ( The essential motion) atau gerakan substansial dan Al Asfar Al Arbaah Al Aqli ( the four Rational Journey) atau empat tahapan perjalanan akal," paparnya.

Dijelaskan, latar belakang disertasinya itu berangkat dari keresahan terhadap masyarakat dan negara muslim yang hidup dengan pola pemikiran dari Barat.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...