Marhaban Terapkan Skema Pembayaran Lunas Produk UMKM

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin dan Abdul Rahman Bando (Marhaban), memiliki misi memajukan sektor usaha rakyat atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Yakni dengan membayar lunas produk UMKM di depan.

Hal itu disampaikan dalam diskusi bertema “Bedah Program Ekonomi Pasangan Marhaban” di Café Res_Publica, Jl. AP Pettarani, Makassar, Minggu (7/6/20). Munafri Arifuddin (Appi) menyebut tugas pemerintah adalah bagaimana membantu UMKM baik dari sisi permodalan, pembinaan, sampai pemasaran.

"Selain menyiapkan program bantuan modal bagi UMKM, kami juga menyiapkan program pembinaan UMKM yang komplit. Bahkan hingga urusan promosi dan pemasaran produk pun akan dibantu oleh pemerintah kota," kata Appi. Salah satunya dengan mendirikan sentra penjualan produk UMKM yang disebut Gerai Produk UMKM Makassar. Skema pembelian produknya dibayar lunas di depan, sehingga UMKM tak perlu khawatir modalnya ludes karena menunggu pelunasan.

“Kita mau ada dana talangan. Jadi bukan produsennya (UMKM) yang nunggu. Tapi gerainya yang nunggu pembeli, " tambah ARB. Dengan begitu, mereka bisa memutar modal lebih cepat tanpa harus menunggu pembayaran dari produsen. Pola konvensional yang selama ini dipakai cenderung mematikan UMKM. Modalnya kecil, dan harus menunggu paling cepat sekira sebulan baru dibayar. Bahkan ada yang lebih dari itu.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...