Puluhan Ribu Warga Jerman Ikut Demo Pembunuhan George Floyd

Minggu, 7 Juni 2020 19:57

SOLIDARITAS: Ribuan orang di Frankfurt, Jerman menggelar unjuk rasa memprotes kematian George Floyd. Di seluruh Jerman, ada puluhan ribu orang yang melakukan aksi serupa pada Sabtu (6/6), waktu setempat. (Xinhua)

Kepolisian Berlin mengungkapkan bahwa mereka melakukan sejumlah penangkapan usai sekelompok pengunjuk rasa melempar botol dan batu ke arah polisi, yang menyebabkan satu petugas terluka. Dalam insiden terpisah, kepala seorang fotografer pers terkena lemparan botol, tambah pihak kepolisian.

Sekitar 25.000 pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di Kota Munich, namun menurut pihak kepolisian, hanya 200 orang yang terdaftar mengikuti acara itu. Area pertemuan akhirnya diperluas demi memberikan ruang yang lebih untuk memungkinkan para pengunjuk rasa mengikuti aturan jaga jarak sosial (social distancing).

Di Hamburg, pihak kepolisian memaparkan bahwa total 14.000 orang mengikuti dua aksi unjuk rasa yang digelar hampir bersamaan di Jungfernstieg dan Rathausmarkt. Kepolisian Hamburg sempat mengutarakan rasa solidaritas mereka jelang aksi unjuk rasa tersebut. “Kami berada di pihak kalian!” cuit mereka di Twitter sebelum aksi unjuk rasa berlangsung. “Rasisme tidak boleh mendapatkan tempat di masyarakat kita. Kami bekerja setiap hari agar semua orang di Hamburg dapat merasa aman.”

Bagikan berita ini:
7
3
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar