Jauh Tinggalkan UI, ITB dan Unair, UGM Makin Diakui Dunia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Prestasi gemilang diukir perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia di tingkat dunia menyusul hasil pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking (WUR) tahun 2020..

Dari peringkat tersebut terlihat peningkatan yang signifikan dari kampus-kampus di Indonesia. Universitas Gadjah Mada (UGM) melesat tajam dari sebelumnya peringkat 320 dalam QS WUR 2020, kini menjadi 254 dunia. Sementara UI di peringkat ke-305, ITB 313, Unair 521-530, dan IPB 531-540.

Ada enam kriteria utama penilaian untuk pemeringkatan yang dilakukan oleh QS, yaitu reputasi akademik, reputasi pengguna lulusan, sitasi publikasi per dosen, rasio dosen-mahasiswa, dosen internasional, dan mahasiswa internasional.

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam memberikan apresiasi atas prestasi yang ditorehkan oleh Perguruan Tinggi Indonesia ini.

“Alhamdulilah perguruan tinggi Indonesia naik dalam peringkat QS Top University. Apresiasi atas kerja keras dan produktivitas sivitas akademika perguruan tinggi kita di bawah kepemimpinan para rektor,” kata Nizam di Jakarta, Rabu (10/6).

Meski masa pandemi, produktivitas perguruan tinggi terus meningkat. Banyak PT peringkatnya meloncat, UGM dari 320 tahun lalu menjadi 254 tahun ini, ITB dari 331 ke 313, IPB dari 601 ke 531, ITS dari 801 ke 751.

Selain itu Nizam juga mengingatkan, peringkat bukan tujuan tetapi merupakan dampak/hasil dari peningkatan kinerja Pendidikan tinggi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan berkarya untuk masyarakat luas.

  • Bagikan