Nurdin Abdullah Paparkan Strategi Transisi Menuju Zona Hijau Covid-19

Rabu, 10 Juni 2020 15:06

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah mengikuti gelar wicara yang dilaksanakan oleh Gugus Tugas Covid-19 Pusat yang mengangkat tema “Masa Transisi di Sulawesi : Strategi dari Zona Merah ke Zona Hijau?”, Rabu, 10 Juni 2020.

Selain Gubernur Sulsel hadir juga Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu, Muhammad Iqbal. Dialog ini berlangsung selama 30 menit dipandu oleh artis dan juga promotor kesehatan masyarakat dr. Lula Kamal dari kantor Graha BNPB, Jakarta.

Diawal, Lula Kamal menjelaskan beberapa warna zona dari merah, orange, kuning dan hijau.

“Hijau itu jika sudah tidak ada penularan sama sekali, merah penularannya masih tinggi, orange itu sedang, kuning itu rendah,” sebutnya.

Dari merah menuju hijau memiliki beberapa tahapan.

Nurdin menjelaskan, daerah yang hijau dan tidak ada terkonfirmasi positif, yakni Toraja Utara. Beberapa kabupaten memiliki ODP, PDP dan OTG tetapi hampir semuanya dinyatakan sembuh. Sementara OTG dan ODP-nya sinergi program dikemas dalam Program Wisata Duta Covid.

“Jadi semuanya yang ada di Kabupaten dibawa dan diisolasi di Makassar. Sehingga, saya ingin mengatakan bahwa hari ini, kita masih tersisah bahwa Luwu Timur sebagai klaster baru, itu klaster Vale,” kata Nurdin.

Selain itu adalah Maros dan Makassar. Selain itu belum ada lagi transmisi lokal.

Komentar