Di Surabaya, 26 Persen Pasien Covid-19 Terkonfirmasi Sembuh

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,SURABAYA — Jumlah pasien Covid-19 di Surabaya yang sembuh terus bertambah. Dari hasil pendataan Dinas Kesehatan Surabaya, sebagian besar pasien yang sembuh itu berusia 45 sampai 54 tahun.

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, pasien perempuan juga lebih banyak jika dibandingkan dengan pasien laki-laki. Persentasenya sebesar 51 persen. ”Paling banyak jenis kelamin perempuan (51 persen) pada rentang usia 45–54 tahun. Artinya, pasien itu tergolong usia produktif,” jelas Feni, sapaan akrab Febria Rachmanita, Rabu (10/6).

Hingga Selasa (9/6), ada tambahan 56 pasien yang sembuh. Sebanyak 45 orang sebelumnya menempati ruang isolasi di asrama haji dan 11 lainnya menjalani isolasi mandiri. Jumlah tersebut belum termasuk data yang bertambah hari ini. Hingga Selasa, total pasien yang sembuh mencapai 923 orang atau 26,84 persen dari total kumulatif pasien terkonfirmasi yang berjumlah 3.439 orang.

Sementara itu, orang yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 3.426 orang. Dari jumlah tersebut, 2.066 orang masih berada dalam pengawasan, sedangkan 1.363 orang sudah sembuh. Sisanya, tiga orang, meninggal dunia.

Feni yang juga kepala Dinas Kesehatan Surabaya menjelaskan, berbagai upaya telah dilakukan pemkot dalam memutus mata rantai persebaran Covid-19.

Mulai penelusuran jejak kontak erat pasien terkonfirmasi hingga pengecekan kondisi, lantas isolasi warga tersebut. Dukungan dari Badan Intelijen Negara (BIN) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui mobil laboratorium PCR (polymerase chain reaction) juga membantu upaya pemkot tersebut. Tren kesembuhan itu makin meningkat, terutama orang tanpa gejala (OTG).

  • Bagikan