Hadirkan Pemimpin Berkualitas, PKS Ingin PT 5 Persen

Kamis, 11 Juni 2020 15:40

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini (Dok. JawaPos.com)

Relasi konstituensi antara rakyat dan wakilnya lebih baik karena rakyat dapat memilih langsung siapa yang layak mewakilinya dan memperjuangkan aspirasinya. “Inilah semangat yang kita perjuangkan sejak reformasi 1998,” kata Jazuli.

Fraksi PKS menyadari efek negatif dari berbagai sistem pemilu (terbuka atau tertutup). Yakni, praktik politik uang atau jual beli suara. Untuk itu, yang perlu ditekankan dalam pemilu adalah integritas pemilu dengan aturan politik yang tegas. Semua itu untuk mengantisipasi adanya politik uang.

“PKS membuat sistem agar setiap caleg PKS tidak bisa berkelit dari tanggung jawab konstituensi,” katanya.

Kedua, menyoal parliamentary threshold DPR. PKS mengusulkan 5 persen.‎ Alasannya, PKS berkomitmen pada upaya penyederhanaan partai politik dan sistem kepartaian. Semua itu dilakukan secara bertahap.

“Itulah pentingnya penyederhanaan secara gradual. Oleh karena itu, Fraksi PKS mengusulkan PT 5 persen, naik 1 persen dari pemilu yang lalu,” ungkapnya.

Ketiga, PKS mengusulkan presidential threshold menjadi 5 persen.‎ Angka itu sama dengan parliamentary threshold sehingga setiap partai yang lolos ke ‘Senayan’ dapat mengajukan pasangan calon presiden-wapres.

Bagikan berita ini:
10
8
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar