New Normal, Harga Paket Umrah Bisa Melambung

Kamis, 11 Juni 2020 17:02

HARGA PAKET UMRAH: Sebanyak 55 jamaah umrah asal Indonesia menunggu pesawat di Bandara Jeddah. (KJRI JEDDAH FOR JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Aturan protokol kesehatan bakal berdampak pada tarif penyelenggaraan umrah. Saat ini Kemenag menetapkan harga acuan minimal paket umrah adalah Rp 20 juta per jamaah. Namun, harga itu disusun dalam kondisi normal. Padahal, di masa pandemi Covid-19, berlaku beberapa pembatasan.

Misalnya, soal kapasitas kamar hotel. Selama ini biaya umrah bisa ditekan karena satu kamar boleh diisi empat sampai enam jamaah. Kini, sesuai aturan new normal, bisa jadi kapasitas kamar hotel dibatasi maksimal dua orang. Perubahan lain adalah pembatasan kapasitas pesawat terbang. Pada kondisi normal, pesawat boleh diisi sesuai jumlah kursi. Namun, saat ini hanya boleh diisi paling banyak 70 persen dari kapasitas normal.

Begitu pula transportasi darat yang mengantar jamaah dari Makkah ke Madinah atau sebaliknya. Dengan adanya pembatasan jarak fisik, kapasitas bus tidak bisa penuh.

Kasubdit Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Haji Khusus Kemenag Noer Alya Fitra mengatakan, sampai saat ini belum ada kabar kapan akses umrah kembali dibuka pemerintah Arab Saudi. Hingga kemarin, otoritas Saudi belum membuka akses permohonan visa umrah. Selain itu, Kemenag masih menutup layanan pendaftaran umrah via aplikasi Simpatuh.

Bagikan berita ini:
3
5
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar