Istana Akui Pasar Tradisional Titik Paling Sulit Kendalikan Covid-19

Sabtu, 13 Juni 2020 22:47

ZONA MERAH: Warga berderet menjalani rapid test di kompleks Pasar PPI, Krembangan, Sabtu (30/5). (Ahmad Khusaini/Jawa Po...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kantor Staf Kepresidenan (KSP) menyadari pasar tradisional menjadi lokasi tersulit untuk pengendalian Covid-19.

Bahkan, saat ini pasar tradisional menjadi salah satu klaster terbesar penyebaran virus menular itu.

Deputi IV KSP Bidang Informasi dan Komunikasi Politik Juri Ardiantoro mengatakan, aspek yang paling sulit diatur adalah jaga jarak di pasar tradisional.

“Social distancing di pasar ini memang sulit dikendalikan, kecuali ada beberapa pasar yang oleh pemerintah daerah dan pengelola pasar bisa dilakukan penyesuaian untuk adanya physical distancing,” kata Juri dalam diskusi bertajuk New Normal Lintas Negara, Sabtu (13/6).

Juri menerangkan aspek jaga jarak bisa saja diterapkan di kota-kota besar dengan tingkat kesadaran yang tinggi terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19. Namun, di sejumlah daerah, penerapan hal tersebut sangat sulit.

Meski demikian, Juri mengaku pihaknya menjadikan pasar tradisional sebagai lokasi rapid test. “Jadi pasar sekarang menjadi salah satu concern pemerintah untuk dilakukan test,” ujarnya. (tan/jpnn)

Bagikan berita ini:
4
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar