Dana Covid-19 Rp405 Triliun, Freddy Numberi Ingatkan Potensi Penyelewengan

Minggu, 14 Juni 2020 22:30

Mantan menteri era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Freddy Numberi mengaku khawatir dana bantuan Covid-19 disele...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan menteri era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Freddy Numberi mengaku khawatir dana bantuan Covid-19 diselewengkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menurut mantan Politikus Demokrat itu, berdasarkan pengalaman empiris selama ini, dana stimulus baik ekonomi maupun bantuan bencana, selalu raib diambil oleh oknum baik yang berada di dalam pemerintahan maupun para ‘predator ekonomi’ yang ada di luar pemerintahan.

“Hal ini sangat memprihatinkan. Ini juga menunjukkan betapa buruknya payung regulasi sistem birokrasi kita yang bertele-tele dan tidak transparan yang pada akhirnya berujung pada raibnya bantuan dana stimulus bagi rakyat yang saat ini disebut Jaring Pengaman Sosial (JPS),” ujar Freddy dalam keterangan resmi, Jakarta, Minggu (12/6).

Freddy menyebutkan, hal itu dapat dilihat pada dana konstruksi setelah tsunami Aceh 2004 maupun tsunami Jawa Barat 2009, dan peristiwa lainnya yang akhirnya menjerat beberapa oknum hingga masuk penjara.

Pengalaman ini, kata politikus asal Papua itu, merefleksikan kepada kita bahwa rezim pemerintah yang ada maupun DPR selalu gagal dalam pencegahan terhadap penyelewengan dana-dana bantuan tersebut.

“Untuk itu perlu peningkatan pengawasan yang ketat terhadap bantuan dana Covid-19 ini agar tidak disalahgunakan,” ujarnya.

Seperti diketahui, landasan hukum pandemi Covid-19 ini adalah Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Pandemi Covid-19.

Bagikan berita ini:
3
9
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar