Di Pangkep, Unifa Bantu Rancang Master Plan Pengelolaan Desa Wisata

Warga Desa Kabba, Kecamatan Minasatenne, Kabupaten Pangkep

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Universitas Fajar menggelar Seminar Pengelolaan Desa Wisata di kantor Desa Kabba, Kecamatan Minasatenne, Kabupaten Pangkep, Minggu (14/6/2020).

Kegiatan itu dilakukan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Unifa yaitu Faris Jumawan dan Nasrullah.

Seminar yang bertemakan “Desa Wisata untuk Kesejahteraan Masyarakat” ini merupakan program yang digagas oleh Tim PKM Unifa yang dikemas dalam pembuatan master plan Desa Kabba. Serta pendampingan masyarakat Kabba dalam pengelolaan desa wisata.

“Kedua program tersebut masing-masing sudah memasuki tahap kedua setelah pada tahap awal dimulai dengan koordinasi dan pengenalan program pengabdian masyarkat,” katanya.

“Pada tahap kedua ini, program PKM master plan sdh sampai pada tahap pengambilan dan pemotretan potensi desa Kabba dengan menggunakan drone. Sedangkan untuk program PKM pendampingan masyarakat desa wisata sudah sampai pada seminar tentang desa wisata dan pemaparan sadar wisata serta sapta pesona,” tutur Faris.

Nasrullah menambahkan, dalam seminar ini, masyarakat diajarkan mengenai materi tentang desa wisata, sadar wisata, dan sapta pesona. “Sangat penting bagi masyarakat untuk memahami mengenai apa itu desa wisata dan sadar wisata sebelum penerapan Desa Wisata,” terang Nasrullah.

Seminar Desa dibuka Kepala Desa Kabba Muhammad Syukur, dengan menceritakan selayang pandang tentang Desa Kabba. Kegiatan ini diakhiri tanya jawab dan penyerahan draft SK Penetapan Desa Wisata serta SK Kelompok Sadar Wisata. (isman/fajar)

Komentar

Loading...