Jalan-jalan Virtual ke Amerika ala Rumah Produktif Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Komunitas Rumah Produktif Indonesia (RPI) yang didirikan sejak awal pandemi global melanda Indonesia terus aktif berkegiatan untuk menumbuhkan budaya produktif bagi anggotanya. Salah satunya adalah dengan “jalan-jalan virtual” yang digelar oleh RPI English School pada diskusi yang digelar di zoom meeting, Minggu (14/6/2020).

“Acara ini kami gelar untuk berjalan-jalan ke luar negeri lewat sharing pengalaman dari mereka yang sudah berkunjung ke berbagai kota di dunia,” kata Maghdalena, Direktur RPI English School.

Yanuardi Syukur, Presiden Produktif Indonesia, didaulat sebagai pembicara untuk bercerita pengalamannya berkunjung ke Amerika Serikat dalam program “Religious Freedom and Interfaith Dialogue” pada 2019 yang diadakan oleh Kementerian Luar Negeri AS, World Learning, dan Kedubes AS di Jakarta.

Dalam paparannya, Yanuardi bercerita tentang suasana di tiga kota yang dikunjunginya, yaitu Washington, DC, Pittsburgh, dan New York, lengkap dengan foto-foto yang jarang dilihat orang.

Di sana dia juga bertemu dengan berbagai tokoh Indonesia seperti Imam Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua PBNU Marsudi Syuhud, Katib Am PBNU Yahya C. Staquf, dan para tokoh agama seperti Presiden Foundation for Ethnic Understanding Rabbi Marc Shcneier, Presiden Civilizations Exchange & Cooperation Foundation Mohamad Bashar Arafat, dan Presiden ISNA Sayyid M. Syeed.

“Dalam kompleks National Mall ada National Museum of African American History and Culture yang berisi sejarah dan kebudayaan Afro-Amerika yang sangat memperkaya perspektif kita tentang orang Afrika di Amerika,” kata Sekretaris dan Peneliti Center for Strategic Policy Studies SKSG UI tersebut.

  • Bagikan