Konsumsi Teh Bunga Telang, Tingkatkan Kinerja Otak hingga Masalah Seks bagi Wanita

Minggu, 14 Juni 2020 19:54
Konsumsi Teh Bunga Telang, Tingkatkan Kinerja Otak hingga Masalah Seks bagi Wanita

BERKHASIAT: Bunga Telang atau dengan nama ilmiah clitoria ternatea. (DIAN SURYANTINI/BALI EXPRESS)

FAJAR.CO.ID, DENPASAR — Tidak banyak yang mengetahui bahwa bunga telang memiliki banyak manfaat. Bunga yang hidup secara merambat ini banyak ditemukan di kebun atau dikenal sebagai tanaman liar. Namun belakangan banyak orang mengadopsinya sebagai tanaman hias di halaman rumah.

Bunga Telang atau dengan nama ilmiah clitoria ternatea, ini memiliki tiga warna. Ada warna biru, putih, dan ungu. Tapi yang paling populer adalah bunga Telang dengan warna biru dengan segudang manfaat. Memiliki tampilan warna yang menarik, bunga telang kerap dijadikan sebagai garnish hidangan, seiring dengan munculnya tren edible flowers. Bunga berwarna biru atau ungu ini juga sering digunakan sebagai pewarna makanan alami, hingga dikonsumsi sebagai minuman teh.

Bunga ini biasa dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Seperti yang dilakukan di China dan India Kuno. Misalnya mengkonsumsi bunga telang untuk meningkatkan memori dan kinerja otak, serta meredakan stress.

Ahli Usada dan Pengobatan Tradisional Bali, I Dewa Agung Made Suryawan mengatakan, bunga berwarna biru ini merupakan nootropic alami, yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Natural Remedies menunjukkan, bunga telang berpotensi meningkatkan daya ingat dan kemampuan pembelajaran.

Bagikan berita ini:
8
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar