Kota Bitung akan Kembali Dihidupkan Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Perikanan

Minggu, 14 Juni 2020 13:28

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MANADO — Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, berkomitmen untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan di Sulawesi Utara. Di antaranya, menghidupkan kembali Kota Bitung sebagai kawasan ekonomi khusus perikanan.

“Saya melihat Sulawesi Utara punya potensi yang sangat besar. Wilayah penangkapan ikannya sangat luas, di sebelah utaranya laut, selatannya juga laut, belum lagi di daratannya banyak sekali sumber perairan darat yang bisa dioptimalkan,” kata Menteri Edhy dalam acara Penandatanganan Perjanjian Pembiayaan Penyerapan Ikan dalam Sistem Resi Gudang oleh PT. Perikanan Nusantara dengan PT. Kliring Berjangka Indonesia, di Pelabuhan Tumumpa, Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat (12/6).

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan bantuan dan permodalan secara simbolis, diantaranya bantuan bakti sosial sebesar 1.000 paket, asuransi Nelayan, atas almarhum Naser Dompas sebesar Rp5 juta, permodalan LPMUKP bekerja sama dengan PT PERINDO senilai Rp1 miliar, permodalan LPMUKP bekerja sama dengan PT PERINUS senilai Rp300 juta, permodalan perbankan Bank Mandiri (KUR Retail) senilai Rp100.000.000 untuk kapal penangkap ikan, dan bantuan BRI (Kur Mikro Penangkap Ikan) senilai Rp40 juta.

Menteri Edhy menjelaskan, potensi Sulawesi Utara tidak hanya karena secara geografis sebagai pulau terujung dan daerah perbatasan, tapi Sulawesi Utara bisa menghasilkan devisa cukup besar untuk negara. Kota Bitung contohnya.

Kota Bitung, menurutnya, memiliki potensi yang luar biasa jika semua pihak fokus dan ikut berkontribusi.

Bagikan berita ini:
5
5
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar