New Normal dan Urgensi Vaksin Covid-19

  • Bagikan

Koalisi untuk Kesiapsiagaan Epidemi bekerja sama dengan otoritas kesehatan global dalam pengembang vaksin untuk mendukung pengobatan vaksin terhadap COVID-19. Dasar pengembangan itu meliputi program pengembangan vaksin yang dilaporkan melalui daftar resmi dan terus diperbarui WHO. Berdasarkan hal tersebut memberikan wawasan tentang karakteristik utama dari vaksin COVID-19.

Sejauh ini dalam pengembangan Vaksin COVID-19 global mencakup 115 kandidat vaksin, Ada 78 di antaranya dikonfirmasi sebagai aktif dan 37 tidak dikonfirmasi. Dari 78 proyek aktif yang dikonfirmasi, 73 saat ini berada pada tahap eksplorasi atau praklinis. Kandidat vaksin yang paling canggih sudah masuk dalam uji klinis, yaitu: mRNA-1273 dari Moderna, Ad5-nCoV dari CanSino Biologicals, INO-4800 dari Inovio, LV-SMENP-DC dan aAPC khusus patogen dari Shenzhen Geno-Immune Medical Institute.

Sejumlah pengembang vaksin lain telah mengindikasikan rencana untuk memulai pengujian manusia pada tahun 2020 ini. Keragaman platform teknologi dan fitur mencolok dari lanskap pengembangan vaksin untuk COVID-19 adalah berbagai platform teknologi yang dievaluasi, termasuk berdasarkan asam nukleat (DNA dan RNA), partikel seperti virus, peptida, vektor virus (replikasi dan non-replikasi), protein rekombinan, virus yang dilemahkan dan pendekatan virus yang tidak aktif.

Banyak dari platform ini saat ini tidak menjadi dasar untuk vaksin berlisensi, tetapi pengalaman di bidang-bidang seperti onkologi mendorong pengembang untuk mengeksploitasi peluang yang ditawarkan dengan pendekatan generasi tercanggih untuk meningkatkan kecepatan pengembangan dan pembuatan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan