New Normal dan Urgensi Vaksin Covid-19

  • Bagikan

Jadi, yang terpenting adalah memastikan adanya koordinasi dalam pembuatan vaksin dan kapabilitas pasokan dan kapasitas untuk memenuhi permintaan.Sebagian besar kegiatan pengembangan vaksin COVID-19 berada di Amerika Serikat, sebanyak 36 (46%) pengembang kandidat vaksin aktif yang dikonfirmasi dibandingkan dengan 14 (18%) di Cina, 14 (18%) di Asia (tidak termasuk China) dan Australia, dan 14 (18%) di Eropa.

Perjuangan mengembangkan Vaksin, sangat penting karena mengingat keharusan untuk adanya upaya mempercepat, ada indikasi bahwa vaksin dapat tersedia dalam penggunaan darurat minimal akhir tahun ini. Meningat penyakit Corona Virus COVID-19 sudah menjadi pandemik dan memiliki tingkat peneularan dan fatalitasnya yang tinggi.

Penemuan Vaksin tentu merupakan sebuah keharusan untuk pencegahan membludaknya kasus-kasus baru, ataupun untuk mencegah the second peak of COVID-19. Karena dengan menemukan Vaksin COVID-19, maka penyakit ini bisa dicegah bahkan dieleminir dimasa-masa yang akan datang. Di Amerika Serikat sendiri, telah ada 7 calon vaksin yang telah diuji Klinis. Yaitu diuji coba pada pasien dan dibandingkan dengan control. Bahkan sudah masuk uji klinis fase 2/3. Hal ini akan menambah optimisme kita bahwa Wabah COVID-19 mampu kita lawan dan hadapi.

Semoga perjuangan para perusaahan farmasi dan ilmuwan tersebut bisa sukses dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sehingga Wabah COVID-19 bisa segera diatasi. (**)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan