Pria Kulit Hitam Rayshard Brooks Kembali Jadi Korban Polisi di AS

Minggu, 14 Juni 2020 20:25
Belum ada gambar

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, NEW YORK — Makam George Floyd belum juga kering setelah dikebumikan pada 9 Juni lalu. Namun, aksi kekerasan polisi Amerika Serikat terhadap pria kulit hitam kembali terjadi.

Kali ini dialami oleh Rayshard Brooks, 27, seorang pria kulit hitam yang tewas ditembak di tubuh bagian belakangnya oleh seorang polisi Atlanta pada Jumat (13/6).

Kejadian itu terjadi di layanan Drive-Thru Wendy’s malam. Versi keterangan polisi Atlanta, korban telah menentang dan melawan polisi. Dia mencuri senjata api salah satu polisi. Insiden bermula ketika Rayshard Brooks berada di drive thru tersebut untuk memesan makanan.

Akibat tertidur di mobilnya, pelanggan lainnya mengerubungi mobil Brooks.Menurut keterangan Biro Investigasi Georgia, Brooks ternyata gagal lolos tes kesadaran karena diduga di bawah pengaruh alkohol.

Video yang viral di sosial media polisi dan Brooks sempat adu jotos sebelum ditembak ketika kabur. Brooks juga sempat dibawa ke rumah sakit. Tetapi, akhirnya dia meninggal dunia.

“Biro Investigasi Georgia sedang menyelidiki penembakan atas permintaan Departemen Kepolisian Atlanta,” kata lembaga itu dalam siaran pers pada hari Sabtu seperti dilansir dari New York Post, Minggu (14/6).

Dalam video yang viral, polisi sempat meletuskan tembakan hingga tiga kali setelah merebut pistolnya kembali. Brooks sempat berlari, namun nyawanya tak selamat. Penembakan itu terjadi di tengah-tengah protes kebrutalan polisi dan rasisme terhadap George Floyd di Minneapolis.

Bagikan berita ini:
5
4
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar