Diancam Kim Yo Jong, Militer Korea Selatan Siaga Tinggi

Senin, 15 Juni 2020 09:18

Adik Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong-- ekspress

FAJAR.CO.ID, SEOUL — Korea Selatan mengadakan pertemuan keamanan darurat pada hari Minggu, setelah saudara perempuan pemimpin Korea Utara mengancam aksi militer terhadap Korea Selatan dalam eskalasi ketegangan terbaru antara kedua tetangga.

“Militer Korea Selatan menerapkan kesiapan militer yang tegas untuk menanggapi semua situasi,” kata kementerian pertahanan negara itu pada pertemuan itu.

Kim Yo Jong, seorang pembantu tepercaya untuk saudaranya, Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un mengatakan, dia akan meninggalkan hak untuk mengambil langkah selanjutnya dari pembalasan terhadap Korea Selatan kepada militer Korea Utara dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh kantor berita negara KCNA pada hari Sabtu.

Kim, yang telah mendapatkan keunggulan baru dalam struktur kekuasaan Korea Utara, tidak merinci tindakan apa yang bisa diambil selanjutnya, atau kapan tepatnya akan diambil, tetapi dia menambahkan, “Saya merasa ini saatnya untuk memutuskan hubungan dengan pemerintah Korea Selatan. Kami akan segera mengambil tindakan selanjutnya,” katanya dilansir iranpress, Senin, 15 Juni.

Seorang juru bicara The Blue House, kantor kepresidenan Korea Selatan, mengatakan pada hari Minggu bahwa dewan keamanan nasional negara itu mengadakan konferensi video darurat, untuk meninjau situasi di semenanjung Korea dan membahas bagaimana cara terbaik untuk merespons. (fajar)

Komentar