Infografis

Pangan Sulsel Jadi Tumpuan Penggerak Ekonomi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ekonomi Sulsel terus tertekan. Tiga dari empat sektor pendorong tak bisa bergerak. Tersisa sektor pangan. Sektor itu kini jadi tumpuan.

Tenaga Ahli Bidang Ekonomi TGUPP Sulsel, Agussalim mengatakan, pandemi yang berlangsung berimplikasi luas ke sektor ekonomi. Triwulan I tahun ini, ekonomi Sulsel masih bisa tumbuh 3,07 persen. Tetapi, untuk triwulan II diprediksi sulit di angka yang sama. Apalagi angka pasien covid-19 Sulsel makin tinggi di triwulan II.

Karena itu, ia menilai, saat ini merupakan situasi tersulit. “April-Mei ada PSBB. Beruntung, ekonomi sedikit terdongkrak dengan daya beli. Khususnya, konsumsi untuk bahan makanan di Idulfitri. Tetapi, untuk daya beli pakaian dan properti masih tertekan. Tumbuh dua persen saja di triwulan II sudah sangat baik,” ungkapnya.

Ditambahkannya, saat ini pelonggaran aktivitas ekonomi sudah dilakukan. Skema ini tentu akan bersifat paradoks. Bila terlalu longgar, pandemi ini akan makin meningkat kasusnya. “Usaha dan industri sedikit tertolong memang. Namun kasus positif covid-19 meningkat jadi imbas. Seperti yang terjadi belakangan,” tuturnya.

Baca Juga: BI Prediksi Ekonomi Sulsel Bisa 4 Persen

Kata dia, ada empat sektor pendorong utama ekonomi di Sulsel. Seperti pertanian, perdagangan, industri pengolahan dan konstruksi. Akan tetapi, tiga sektor utama seperti perdagangan, industri pengolahan dan konstruksi ini tumbuh negatif di triwulan I.

Editor : Redaksi


Comment

Loading...