PKB Desak RUU HIP Direvisi, Soroti 3 Hal Ini

Senin, 15 Juni 2020 08:42

Bendera PKB. Ilustrasi Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Materi RUU HIP (Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila) mendapat sorotan dari banyak kalangan, termasuk dari anggota DPR RI.

Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKB Yanuar Prihatin meminta RUU HIP dikoreksi dan direvisi ulang karena kerangka konsep serta pemikirannya tidak utuh.

Yanuar menyoroti sejumlah ketentuan di RUU HIP.

Pertama, Bab I Ketentuan Umum angka 1 RUU HIP.

Di sana disebutkan bahwa pengertian Pancasila adalah dasar negara, dasar filosofi negara, ideologi negara, dan cita hukum negara untuk mewujudkan tujuan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, serta berdaulat dalam tata masyarakat adil dan makmur sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Pertanyaannya, Pancasila adalah dasar negara, dasar filosofi negara, ideologi negara dan cita hukum negara, apakah sudah tepat dan benar definisi tentang Pancasila semacam ini. Jelas ini definisi paling ngawur tentang Pancasila. Itu bukan definisi, tetapi mungkin yang dimaksud adalah kedudukan atau fungsi Pancasila,” kata Yanuar dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (14/6).

Bagikan berita ini:
7
5
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar