31 Calon Dubes Jalani Tes di DPR, Mantan Tim Sukses hingga Pimred Metro TV

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sebanyak 31 calon duta besar (Dubes) luar biasa berkuasa penuh (LBBP) mulai menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR RI. Tes dilakukan mulai hari ini, Selasa (16/6) hingga Kamis (18/6) mendatang.

Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono mengatakan uji kelayakan tersebut digelar tertutup.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan uji kelayakan tersebut untuk mendalami pada konsep para calon dubes dalam menjalankan tugasnya.

“Komisi I DPR menanyakan komitmen 31 calon dubes tersebut. Termasuk bagaimana meningkatkan hubungan diplomatik antara Indonesia dan negara-negara tujuan,” ujar Dave di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/6).

Selanjutnya pada Kamis (18/6), Komisi I DPR akan menggelar rapat untuk membahas hasil uji kelayakan dan kepatutan tersebut.

Dari beberapa nama yang beredar, yang paling mencolok adalah Muh Lufti. Calon Dubes AS ini adalah mantan tim sukses Jokowi di Pilpres 2019 lalu. Dia adalah mantan menteri perdagangan era SBY.

Selain itu ada, Heri Akhmadi yang diajukan sebagai dubes Jepang merangkap federasi Mikronesia. Heri adalah politisi senior PDIP yang sudah tiga periode duduk di Senayan, yakni pada 1999-

Selanjutnya dari Partai Golkar ada Roem Kono yang diajukan menjadi dubes RI untuk Bosnia Herzegovina. Kemudian, dari Partai Bulan Bintang (PBB) ada Sukmo Harsono yang menjadi dubes RI di Republik Panama merangkap Republik Honduras, Republik Costa Rika, dan Republik Nikaragua.

  • Bagikan