Diah Pitaloka: Jangan Sampai Calon Haji Merasa Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Jemaah haji

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi VIII DPR Diah Pitaloka mengungkap Kementerian Agama (Kemenag) telah memutuskan untuk meniadakan pemberangkatan ibadah haji 2020 akibat pandemi Covid-19.

Karena itu, Diah berharap Kemenag tidak mempersulit para calon haji yang memutuskan untuk menarik uang mereka.

Diah mengatakan, Kemenag telah menyiapkan tiga prosedur untuk pengembalian dana haji. Untuk para jemaah diingatkan bijak sebelum akhirnya menarik dana mereka.

Sebab, kata Diah, mereka yang menarik semua dana hajinya akan kehilangan kesempatan untuk berangkat tahun depan.

“Kita ketahui bersama peniadaan haji ini akibat pandemi maka bagi calon jemaah, saya harap bisa bersabar dan memikirkan matang-matang apakah akan menarik dana haji mereka atau tidak,” kata Diah dalam keterangannya, Selasa (16/6).

Selain itu, Diah mengatakan pemerintah juga harus memastikan pengembalian dana haji ini tidak rumit.

Politikus PDI Perjuangan ini menegaskan, jangan sampai ada potongan dana apa pun pada proses pengembalian ke rekening calon jemaah.

“Jangan sampai para calon haji merasa sudah jatuh tertimpa tangga. Harus ada jaminan dari pemerintah bahwa tidak ada potongan dana apa pun dalam proses pengembalian,” katanya.

Diah juga meminta Kemenag mulai menyiapkan susunan nomor urut calon jemaah haji tahun 2021 setelah pengembalian dana haji kepada jemaah berdasarkan tiga skema yang diusulkan selesai dilaksanakan. Mengingat, calon jemaah yang gagal berangkat 2020, akan diterbangkan ke Tanah Suci pada 2021.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar