Hoaks Corona Kian Marak, RTQ: Saring Dulu Sebelum Sharing!

Selasa, 16 Juni 2020 20:53

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Berita bohong atau hoaks tentang Corona kian marak terjadi. Informasi menyesatkan itu berseliweran di media sosial setiap menitnya dengan tujuan menyesatkan pemahaman warga bahkan telah menjurus meresahkan.

Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Rahmat Taqwa mengimbau kepada masyarakat untuk lebih bijak dalam menyebarkan informasi. Apalagi, jika informasi itu belum dapat dibuktikan kebenarannya.

“Saya minta masyarakat jangan menelan mentah-mentah informasi, jangan percaya isu tidak jelas terkait Covid-19. Saring dulu sebelum sharing,” ucap Rahmat Taqwa, Selasa (16/6/2020).

Politisi PPP itu pun mengajak masyarakat mengambil rujukan informasi resmi dari pemerintah. Baik dari website maupun media sosial resmi. Selain itu imbauan dari perangkat pemerintah seperti camat, lurah, RT dan RW juga harus diikuti karena informasi tersebut tentu dapat dipertanggung jawabkan.

“Informasi dari pemerintah yang harus kita ikuti. Jika menemukan informasi di medsos jangan langsung percaya karena tidak bisa dipertanggung jawabkan,” tegas Rahmat.

Lebih lanjut legislator muda itu juga menyoroti dampak ekonomi akibat terjangan luar biasa Corona. Tak sedikit muncul warga miskin baru, karyawan di-PHK, usaha kecil menengah banyak yang gulung tikar.

“Ramai diperbincangkan terkait ekonomi, pra sejahtera jadi miskin, yang miskin jadi amburadul. Hal ini akan terus kami suarakan di parlemen,” ujarnya lugas.

Dijelaskan pula, Pemkot Makassar memang telah memberi bantuan sosial berupa sembako. Namun disayangkan, bantuan tersebut belum sepenuhnya merata terbagi.

Komentar