Ridwan Kamil Offside, Asep Wahyuwijaya: Duh Kang RK, Itu Domainnya Kemenag

Selasa, 16 Juni 2020 10:24

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil

FAJAR.CO.ID, BOGOR – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai offside atau tidak memiliki kewenangan mengatur pondok pesantren melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) yang belum lama ini diterbitkan.

“Duh, Kang RK (Ridwan Kamil) jadinya kena offside. Karena secara mendasar pondok pesantren itu bukanlah ranah yang kewenangannya ada di pemerintah daerah, itu domainnya pemerintah pusat, Kemenag,” kata Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Barat, Asep Wahyuwijaya dilansir Antara, Senin (15/6).

Anggota Komisi V itu mengaku heran dengan dikeluarkannya Kepgub nomor 443 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan dan Pengendalian COVID-19 di lingkungan pondok pesantren. Pasalnya, Undang-undang no 23 tahun 2014 menegaskan bahwa pesantren bukan kewenangan pemerintah daerah.

Maka, legislator asal Kabupaten Bogor itu menyarankan agar Ridwan Kamil segera mencabut Kepgub tersebut, terlebih di dalamnya mengatur masalah sanksi-sanksi protokol kesehatan di pondok pesantren.

“Lalu kembali musyawarahkan persoalan ini dengan para stakeholders di pondok pesantren. Selebihnya serahkan urusannya kepada pihak yang memiliki kewenangan atas itu, dan Pemprov pun membantu saja sesuai kapasitasnya,” tuturnya.

Bagikan berita ini:
3
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar