Anggaran Nihil, 61 Tenaga Honorer Disdukcapil Dirumahkan

Rabu, 17 Juni 2020 23:06

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID — Sekitar 61 orang tenaga honorium non PNS yang bertugas di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Maros dirumahkan. Penyebabnya, saat ini tidak tersedia anggaran untuk tenaga honorer.

Kepala Disdukcapil Maros, Eldrin Saleh menjelaskan sebelum merumahkan ke 61 orang tenaga honorium Non PNS ini menggelar rapat internal.

“Jadi awalnya itu kita rapat membahas perubahan anggaran. Karena anggaran kita di Capil itu ada DAK non fisik. Ditahun 2019 itu masih ada anggaran kita yang turun ke lapangan sosialisasi, turun perekaman, itu masih bisa disisihkan buat teman-teman honorer yang ada disini. Tapi dengan adanya Covid-19 anggaran kita langsung dipotong dari pusat. Jadi tak ada ruang sama sekali untuk menyisihkan,” jelasnya.

Sehingga berdasarkan pertimbangan itu, lanjutnya, pihaknya merumahkan honorium ini karena tak adanya harapan untuk memberikan upah.

“Kalau masuk lantas tak ada harapan, ada kekahwatiran apalagi disini kan bidang pelayanan jangan sampai ada niat tidak baik. Makanya dengan terpaksa kita merumahkan mereka,” jelasnya.

Meski demikian, kata Eldrin, di dalam surat tersebut pihaknya menyampaikan jika ada pendataan atau pemberkasan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, pihaknya akan mengundang mereka kembali. (rin)

Komentar