Covid-19 Bertambah di Bali, Infeksi Bocah 4 Tahun dan Tenaga Kesehatan

Rabu, 17 Juni 2020 10:38

Petugas mendatangi tempat tinggal bocah empat tahun di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar kemarin untuk rapid test. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, GIANYAR – Kasus positif Coronavirus Disease (Covid-19) di Kabupaten Gianyar terus bertambah. Berdasar data Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Gianyar, ada dua pasien positif Corona.

Di antaranya tenaga kesehatan RSU Dharma Yadnya Denpasar yang diketahui warga Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar. Pasien lainnya, seorang bocah 4 tahun asal Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati.

Menurut Ketua Harian GTPP Covid-19 Gianyar, Made Wisnu Wijaya, kronologis tenaga kesehatan berinisial LDY, perempuan 22 tahun itu merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dari kasus konfirmasi Covid-19 sebelumnya yang satu ruangan.

“26 Mei yang bersangkutan rapid test dengan hasil non reaktif. 9 Juni rapid test kedua dengan hasil reaktif. Saat itu juga dirujuk ke RS PTN (Unud),” ujar Wisnu Wijaya.

Selanjutnya, pada 10 Juni di swab test, dan 13 Juni keluar hasil PCR mengarah positif. “Yang bersangkutan saat ini sudah diisolasi di RS PTN Udayana Jimbaran,” jelasnya.

Gugus Tugas Gianyar langsung mengambil langkah. Pertama, memastikan bahwa yang bersangkutan memang benar terkonfirmasi sebagai kasus positif.

“Karena banyak beredar berita kesimpang siuran tentang kondisi yang bersangkutan,” jelasnya. Penelusuran juga dilakukan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali bahwa RS PTN belum melaporkan kasus itu.

“Dinkes Gianyar lalu menelusuri dan mewawancarai yang bersangkutan tentang kebenaran informasi ini, karena kami tidak ingin ada kesalahan dalam merilis kasus yang akan berdampak kisruh di masyarakat,” ungkapnya.

Komentar