Dexamethasone Signifikan Sembuhkan Covid-19, Pasien Tanpa Perlu Dilarikan ke RS

Rabu, 17 Juni 2020 13:51

Ilustrasi pembuatan obat untuk Covid-19 (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Hasilnya, mereka yang mendapatkan dexamethasone berpeluang lebih besar menghindari maut. Risiko kematian pasien Covid-19 yang memakai ventilator turun dari 40 persen menjadi 28 persen saja. Risiko kematian pasien yang membutuhkan suplai oksigen juga turun dari 25 persen ke 20 persen. Sebanyak 19 di antara 20 pasien bahkan berhasil sembuh tanpa harus dilarikan ke rumah sakit.

Para peneliti menegaskan bahwa seandainya saja obat tersebut sejak awal pandemi dipakai untuk para pasien di Inggris, sekitar 5 ribu nyawa barangkali bisa diselamatkan.

Dexamethasone sejatinya sudah dipakai untuk mengurangi inflamasi. Obat tersebut bisa menghentikan kerusakan yang mungkin muncul ketika sistem imun tubuh bekerja berlebihan untuk memerangi virus SARS-CoV-2. Reaksi itu disebut badai sitokin dan bisa berujung kematian.

Peneliti utama Profesor Martin Landray mengungkapkan bahwa dexamethasone sangat murah dan mudah didapatkan. Obat tersebut bisa menjadi terobosan bagi negara-negara miskin yang memiliki anggaran minim untuk mengobati pasien.

“Jadi, pada dasarnya untuk menyelamatkan pasien hanya butuh GBP35 (Rp620 ribu),” ujar Landray.

Bagikan berita ini:
2
7
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar