Gelar Rapid Test Massal, Unhas Jadi Percontohan Pencegahan Covid-19

Rabu, 17 Juni 2020 14:29

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Universitas Hasanuddin menggelar rapid test massal untuk melakukan pra deteksi dini Covid-19. Rapid test massal yang berlangsung selama dua hari, yaitu Selasa dan Rabu (16 dan 17 Juni 2020) mengambil tempat pada 6 titik di lingkungan Kampus Unhas.

Kebijakan Rapid Test ini merupakan instruksi Rektor kepada Tim Satgas Covid-19 Unhas. Tujuannya untuk membantu pemerintah daerah dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Beberapa waktu lalu, pada 6 Juni 2020 sebanyak 4 pegawai Unhas (3 orang dari Fakultas Kedokteran dan 1 orang dari Fakultas MIPA) ditemukan positif mengidap Covid-19. Setelah dilakukan isolasi dan penanganan, keempat orang tersebut telah membaik. Test swab lanjutan terhadap keempatnya dinyatakan telah negatif dari Covid-19.

Rapid Test yang dilakukan selama dua hari memperoleh dukungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Ketua Tim Satgas Covid-19 Unhas, yang juga merupakan Dekan FK Unhas, Prof. dr. Budu, Sp.M(K), M.Med.Ed., Ph.D, menjelaskan bahwa upaya Rapid Test ini merupakan langkah yang penting dalam menghentikan penyebaran Covid-19.

“Jika kita mengetahui bahwa ada orang yang mempunyai gejala, maka kita bisa mengambil tindakan memutus rantai sebaran. Jangan takut dan jangan khawatir dengan berita-berita hoax. Covid ini memang menyebar, tapi dapat disembuhkan. Buktinya, 4 orang pegawai kami yang kita ketahui positif Covid-19, sekarang sudah sembuh. Mereka melakukan isolasi mandiri, dan dirawat dengan baik,” kata Prof. Budu.

Bagikan berita ini:
1
4
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar