Militer Tiongkok dan India Terlibat Perang, 20 Tewas

Rabu, 17 Juni 2020 14:06

Prajurit militer India beristirahat di sebelah kamp transit sementara sebelum menuju ke Ladakh, dekat Baltal, tenggara S...

FAJAR.CO.ID, NEW DELHI – Terjadi lagi bentrokan tentara India vs pasukan Tiongkok di sebuah perbatasan yang disengketakan, Senin (15/6).

Angkatan Darat India melaporkan, Selasa (16/6), 20 tentaranya tewas dalam bentrokan.

Bentrokan itu merupakan peningkatan sangat buruk pada ketegangan yang telah berlangsung selama berminggu-minggu antara kedua raksasa Asia itu di Himalaya bagian barat.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok membenarkan bahwa pada Senin (15/6) terjadi “konfrontasi fisik yang disertai kekerasan” di wilayah perbatasan itu.

Kemlu Tiongkok tidak menyebutkan soal korban. Namun Kementerian Luar Negeri India mengatakan korban berjatuhan di kedua pihak.

Seorang sumber di pemerintahan India mengatakan tentara-tentara di lokasi bertempur dengan menggunakan tongkat-tongkat baja dan batu.

Tiongkok dan India telah saling melemparkan tuduhan, soal siapa yang bersalah atas bentrokan tersebut pada Senin di padang salju Ladakh, usai para pejabat militer bertemu untuk menangani situasi.

Pada Senin malam, kata Angkatan Darat India mengatakan dalam pernyataan bahwa sekelompok tentara mulai bentrok di Lembah Galwan.

Bagikan berita ini:
3
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar