Nazaruddin Dapat Remisi 4 Tahun, Kemenkumham Bilang Begini

Rabu, 17 Juni 2020 14:57

ILUSTRASI: M. Nazaruddin bebas dari Lapas Sukamiskin. (Imam Husein/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Terpidana korupsi proyek Wisma Hambalang Nazaruddin sudah mendapat beragam remisi sejak 2013 setelah dipidana. Sejak saat itu, remisi yang didapat Nazaruddin diakumulasikan total 4 tahun 1 bulan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Abdul Aris mengatakan, pemberian remisi 4 tahun lebih bagi Nazaruddin, sudah sesuai dengan ketentuan. Beragam remisi itu di antaranya remisi khusus hari raya Idul Fitri, remisi umum 17 Agustus, remisi dasawarsa pada 2015, hingga remisi tambahan donor darah.

Selain itu, kata Abdul Aris, Nazaruddin juga sudah bekerja sama sebagai justice collaborator (JC). Menurut dia, JC merupakan salah satu syarat bagi Nazaruddin untuk menerima remisi tersebut. ”Semua sesuai ketentuan. Yang bersangkutan mendapat remisi sejak 2013,” kata Abdul Aris seperti dilansir dari Antara di Bandung pada Rabu (17/6).

Sementara itu, pembimbing Nazaruddin dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bandung Budiana mengatakan, sebetulnya Nazaruddin bisa juga mendapatkan pembebasan bersyarat (PB). Hal tersebut dapat ditempuh dengan melalui koordinasi antara Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun KPK tidak memberi rekomendasi PB karena Nazaruddin dinilai sudah mendapatkan remisi yang cukup banyak.

”Sebetulnya, dia punya hak untuk PB karena denda sudah dibayar, sudah mendapat JC dari KPK. Kalau tidak salah, (tidak diberi rekomendasi PB) karena remisi yang didapat sudah cukup banyak,” terang Budiana.

Komentar


VIDEO TERKINI