JK Beri Arahan Penanganan Covid-19 di Sulsel, Wagub Minta Pertegas Disiplin Penggunaan Masker

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), H. M. Jusuf Kalla (JK) melakukan kunjungan ke Kota Makassar, Rabu (17/6/2020).

Tiba di Makassar, mantan Wakil Presiden RI itu mengunjungi Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan di Balai M. Yusuf, Jalan Jend. Sudirman, Kota Makassar.

Mengenakan rompi Gugus Tugas Covid-19, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyambut kehadiran Jusuf Kalla yang didampingi oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati," ujar Jusuf Kalla dalam arahan awalnya.

Ia mengaku, bahwa covid-19 ini memiliki sifat yang kecepatannya luar biasa dan mematikan.

"Kecepatan menularnya luar biasa. Dalam waktu lima bulan, di dunia ada 8 juta positif dan yang meninggal ada 450 ribu. Di Indonesia, dalam waktu tiga bulan ada 40 ribu positif dan meninggal 2.200. kecepatannya (menular) tinggi sekali," beber JK.

Mengikuti pola kesehatan, maka bisa dilihat sebagai segitiga. Ada dua pilihannya untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Kata JK, yakni hindari dan matikan.

"Ada dua cara, yakni melawannya dengan menghindari atau matikan virusnya," pungkasnya.

Untuk menghindari, kata dia, " jadi kita harus mempunyai upaya menghindari. Dengan tinggal di rumah, pake masker, jaga jarak dan cuci tangan. Untuk mematikannya dengan cara disinfektan," pesannya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...