Menyambut Perubahan UU Minerba, BMI adakan Webinar

Kamis, 18 Juni 2020 11:46

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah pada tanggal 10 Juni 2020  baru saja mengundangkan UU No.   3 Tahun 2020, tentang Perubahan atas Undang-undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Undang-undang ini memuat isu penting yang sebelumnya sempat menimbulkan kontroversi yaitu  tentang kewenangan perizinan, perpanjangan perizinan, pengaturan terhadap Izin Pertambangan Rakyat (IPR) dan lingkungan, divestasi, hilirisasi dan regulasi yang memberikan landasan penguatan terhadap posisi BUMN di sektor pertambangan.

Business and Management Institute (BMI) menganggap isu ini sangat penting dan strategis untuk diangkat sebagai bahan seminar, untuk memberikan perspektif yang lebih luas terkait industri pertambangan mineral dan batubara, khususnya di kawasan timur Indonesia. Posisi kawasan timur Indonesia memiliki posisi strategis, karena dapat dikatakan sebagian besar industri tambang mineral dan batubara berada di kawasan timur Indonesia.

Papua, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, termasuk pulau Kalimantan merupakan daerah-daerah yang selama ini memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan negara dari sektor mineral dan batubara.

Bagikan berita ini:
2
2
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar