Fadel Muhammad Minta Pemerintah Daerah Siapkan Program Penyelamatan Ekonomi

Jumat, 19 Juni 2020 09:48

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad-- jpnn

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad meminta pemerintah daerah bisa segera menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19 alias new normal.

Dengan begitu, Indonesia bisa segera keluar dari resesi perekonomian yang disebabkan oleh Covid-19 dalam waktu yang relatif singkat.

“Pemerintah daerah harus memfasilitasinya. Dengan beroperasinya sektor industri, perekonomian dapat bergeliat kembali dan mengatrol pertumbuhan ekonomi,” kata Fadel Muhammad, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (19/6).

Menurut Mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu, pemerintah daerah mesti menyiapkan program pendukung penyelamatan perekonomian di daerah.

Pemda wajib menjaga daya beli dan tetap menggerakkan ekonomi rakyat. Misalnya, pemda menggelar operasi pasar, mengaktifkan rumah pangan di tingkat desa, melibatkan UMKM dalam berbagai belanja pemerintah, dan menyediakan stimulus yang disesuaikan dengan potensi ekonomi lokal.

”Orientasi utama kebijakan pemulihan ekonomi lokal adalah menjaga penyerapan tenaga kerja. Termasuk UMKM-UMKM harus terus dilibatkan dalam penggunaan belanja pemerintah. Perlu juga stimulus sesuai potensi ekonomi lokal, entah itu yang menyasar petani, pelaku wisata, nelayan, dan sebagainya,” ujarnya.

Tak hanya itu, pemerintah daerah juga mesti melakukan pemetaan terhadap portofolio dunia usaha dalam menghadapi Covid-19.

Pemetaan tersebut dilakukan dengan melakukan klasifikasi dunia usaha seperti mengelompokkan BUMD yang perlu segera ditangani, BUMD yang menjadi penunjang, dan BUMD yang masih perlu bertahan.

Bagikan berita ini:
6
10
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar