Kunjungi Kebun Kopi di Desa Bentenge Maros, Wagub: Kualitas Sangat Penting untuk Dijaga

Sabtu, 20 Juni 2020 19:15

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAROS — Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengunjungi Desa Bentenge, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Jumat (19/6/2020).

Disana, Wagub Sulsel diterima oleh Kepala Desa Bentenge dan Kepala Resort Mallawa Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Andi Subhan.

Sekedar diketahui, Desa Bentenge terletak di ketinggian 709 Mdpl. Sekitar 11 Km dari jalan poros Maros-Bone. Di kecamatan Mallawa dengan jumlah penduduk sekitar 1.000 jiwa.

Desa ini memiliki potensi pertanian yang sangat produktif. Salah satunya, kopi. Pengembangan kopi sangat berpotensi di wilayah Desa Bentenge. Masyarakat desa itu pun telah menanam kopi hingga 20 tahun. Wilayahnya termasuk berbatasan hutan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Dalam produksi hasil pertanian kopi masyarakat, didampingi oleh Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kepala Resort Mallawa Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Andi Subhan menyampaikan, bahwa Balai Taman Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan pendampingan pengelolaan kopi kepada kelompok tani hutan.

“Serta membantu lahan kepada Kelompok seluas 119 hektare,” ujar Subhan.

“Kopi yang akan di kembangkan ada 3 jenis, yaitu Arabica, Robusta, dan Gember,” sambungnya.

Dalam program pendampingan kepada petani kopi, membantu dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Lanjut Subhan, bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan mengevaluasi progres pertanian kopi masyarakat. Untuk bantuan penambahan lahan nantinya.

Bagikan berita ini:
3
7
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar