Syawalan Keluarga Alumni IMM Bahas Pandemi Covid-19 Menurut Tinjauan Agama, Sains, dan Politik

Sabtu, 20 Juni 2020 21:38

FOTO: SAKINAH/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pandemi dalam tinjauan agama, sains, dan politik menjadi tema Syawalan 1441 Hijriah, Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (KAMI IMM) Sulsel, Sabtu malam (20/6/2020).

Ketua KAMI IMM Sulsel, Abdul Rachmat Noer, mengatakan, dipilihnya tema tersebut agar pemahaman mengenai pandemi Covid-19 dapat dipahami secara menyeluruh oleh masyarakat dari berbagai tinjauan.

“Syawalan kita ini sengaja angkat tinjauan terkait Covid-19 dari berbagai tinjauan, agar kita dapat lebih memahami pandemi ini lebih komprehensif. Tidak semata terkait kesehatan saja. Tetapi banyak hal didalamnya yang perlu dipahami,” ungkapnya.

Sementara itu, hadir sebagai narasumber Guru Besar Filsafat Pendidikan Islam UMS, Prof Abdul Munir Mulkhan, memaparkan bahwa, sains dan agama tidak berbenturan, katanya wahyu tidak berubah namun pemahaman terhadap wahyu itu bisa berubah sesuai kondisi, seperti saat situasi pandemi Covid-19 ini.

“Kita harus percaya kepada ahlinya, kondisi ini juga berada pada ranah sains. Upaya yang harus kita lakukan untuk memutus rantai ini, kita harus berdoa kepada Tuhan juga diiringi ikhtiar agar tidak terpapar virus ini,” bebernya.(fit)

Bagikan berita ini:
5
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar