Tangani Covid-19, Pemkot Bersama IKA Unhas Bakal Luncurkan Aplikasi 199

Sabtu, 20 Juni 2020 21:10

Juru bicara Gugus tugas penanganan covid 19 IKA Unhas, Sakkapati.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus melakukan upaya dalam menekan covid-19 yang hingga saat ini masih terus mengalami peningkatan.

Terbaru, Pemkot menggandeng Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) yang telah menciptakan aplikasi 199 dengan memanfaatkan peran RT RW atau relawan yang akan difokuskan di lima kecamatan episentrum penyebaran covid.

Juru bicara Gugus tugas penanganan covid-19 IKA Unhas, Sakkapati mengatakan, cara kerja aplikasi 199 akan banyak melibatkan peran RT/RW yang akan bertanggung jawab dengan wilayahnya. Di mana, fokus utama dalam pengendalian covid-19 adalah keluarga.

“Karena sumber daripada penentu adalah keluarga. Ketika keluarga, ketika individu mampu menjaga kondisinya untuk menjaga kebiasan-kebiasan baru seperti harus selalu pake masker selalu jaga jarak selalu cuci tangan dan menjaga imun tubuh, kita yakin bisa menjadi pengendali penyebaran covid-19,” ungkapnya, Sabtu (20/6/2020).

“Jadi kami akan membuat dalam satu sistem bagiman ketua RT/RW itu bisa mentracing wilayahnya, bisa mentracing warganya yang mana yang potensi covidnya, yang mana rentan, ada klasifikasi-klasifikasi yang kami sudah masukan di dalam aplikasi itu, termasuk informasi tentang covid, bagimana penanganannya, dan apa yang harus dilakukan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Sakkapati berharap khususnya Ketua RT harus betul betul memahami seluk beluk keluarga di dalam RT-nya. Termasuk orang yang keluar masuk di dalamnya.

Bagikan berita ini:
10
4
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar