Warga Tidak Bisa Diam di Rumah, Wagub Sulsel: Kita Perketat Protokol Kesehatan

Sabtu, 20 Juni 2020 18:20

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Angka pasien positif Covid-19 di Sulawesi Selatan mengalami peningkatan. Hingga 19 Juni 2020 telah mencapai 3.573 pasien positif.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan, data epidemiologi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan positif Covid-19.

Pemprov Sulsel tengah berupaya dalam menekan angka penyebaran Covid-19 dibarengi ekonomi tetap berjalan.

Salah satunya, massif dalam menelusuri contact tracking. Serta sosialisasi mengedukasi masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan.

Olehnya itu, perlunya contact tracking. Apalagi banyak positif Covid-19 namun tidak menunjukkan gejala atau termasuk orang tanpa gejala (OTG)

Informasi yang diperoleh dari Tim Tenaga Kesehatan Disaster Covid-19, kata dia, “ketika suatu penyakit mewabah di suatu wilayah, maka secara teoritis ada menyebutkan bahwa sampai 15% dari penduduk itu adalah terinfeksi. Cuma ketika itu mencapai puncak dan belum terdeteksi berarti masih ada yang bersembunyi,” bebernya.

“Kita terus tracking, rapid tes massal. Lebih baik ketahuan (OTG), daripada bersembunyi. Lebih baik kita tahu, supaya ada upaya pemulihan dengan pengobatan,” pungkasnya.

Melihat kondisi saat ini, masih ada masyarakat yang menolak rapid tes massal. “Penolakan itu karena banyak isu-isu yang tidak benar. Makanya Tim Nakes Disaster Covid-19 siap turun ke masyarakat untuk edukasi dan sosialisasi masif.

Dirinya berharap tetap mempertahankan ekonomi, namun di sisi lain kita harus tetap menekan angka penyebaran. Terutama salah satunya di Kota Makassar. Yang menjadi daerah episentrum penyebaran Covid-19.

Bagikan berita ini:
10
1
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar