Ampuh Sembuhkan Covid-19, IDI Peringatkan Efek Samping Dexamethasone

Minggu, 21 Juni 2020 17:19

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dexamethasone yang diklaim ampuh menyembuhkan Covid-19, mendapat perhatian dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar. Pasalnya masyarakat dengan mudah mendapatkan obat tersebut di apotek ataupun toko obat.

Untuk itu, Ketua IDI Makassar, Siswanto Wahab memperingatkan masyarakat terkait penggunaan obat ini agar tak dikonsumsi jika tak ada resep dokter. Hal tersebut dikarenakan Dexamethasone termasuk obat keras.

“Harus diingat bahwa ini obatnya sifatnya steroid tapi dia ini bersifat immunocompromise dia bisa efeknya kalau penggunaan lama bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun,” ujar Siswanto, Minggu (21/6/2020).

Siswanto menambahkan, selain dapat menurunkan kekebalan, efek lain yang dihasilkan adalah mengganggu peredaran lambung. Sehingga penggunaan tersebut memang hanya diperuntungkan bagi pasien covid dengan kondisi parah.

Dia melihat penggunaan obat tersebut di Inggris cukup beralasan karena obat tersebut digunakan bagi pasien penderita radang. Selain itu dari informasi yang beredar persentase angka kesembuhan dianggap cukup baik.

Dirinya kembali memperingatkan masyarakat, agar tak asal menggunakan obat Dexamethasone ini. Mengingat penggunaan selama di Inggris hanya diperuntukkan untuk gejala covid berat yang butuh ventilator.

Bagikan berita ini:
10
10
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar