Presdir PT Freeport Sebut 134 Karyawan Sembuh dari Covid-19

Minggu, 21 Juni 2020 20:21

ILUSTRASI. Petugas medis menunjukan sampel Covid-19 rapid test. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, PAPUA — Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tonys Wenas mengungkapkan, sebanyak 134 kasus positif Covid-19 di lingkungan perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia itu sembuh. Jumlah tersebut mencapai sekitar 60 persen dari total sebanyak 188 kasus.

“Dari total 188 sebanyak 134 sembuh dan 54 masih positif, meninggal ada empat orang dan keempatnya menderita penyakit lain yang sudah lama,” ujarnya dalam diskusi virtual, Minggu (21/6).

Dari sisa kasus tersebut, sebanyak 50 pasien di antaranya dalam pengawasan dan pemantauan di ruang isolasi. Mereka, kata Tony, menunjukkan tanda pemulihan.

Sementara sisanya, berada di rumah sakit PTFI dengan kondisinya juga terus membaik. “Jadi di rumah sakit hanya empat orang dan sisanya di tempat isolasi, istilahnya di barak penginapan karyawan yang diubah menjadi tempat isolasi,” tuturnya.

Tony mengklaim perusahaan telah mampu melakukan pengujian mandiri kasus Covid-19. Mereka juga telah mendatangkan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) guna memitigasi penyebaran virus.

“Kami datangkan mesinnya (PCR) ada dua unit dan kemudian itu secara rutin kami lakukan PCR,” imbuhnya.

Tony menegaskan, PTFI melakukan penangangan Covid-19 secara detail di lingkungan kerja mereka. Begitu ada yang terpapar, PTFI langsung melakukan contacts tracing.

Di sisi lain, rapid test telah dilakukan terhadap 8.000 sampel. Selain alat kesehatan berstandar, PTFI juga menambah 60 tenaga medis baik dokter maupun perawat.

Komentar