Warga Terdampak Pembangunan MNP, Pelindo IV Bilang Ini

Minggu, 21 Juni 2020 20:39

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pembangunan Makassar New Port (MNP) sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) yang saat ini masih berjalan dan dikerjakan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), nampaknya memberikan dampak negatif kepada warga sekitar pesisir khususnya nelayan yang sering mencari ikan di area pembangunan tersebut.

Amir salah seorang nelayan Kalukubodoa mengaku dampak dari reklamasi pembangunan MNP mengharuskan ia kehilangan mata pencaharian.

“Di awal 2015 saat pembangunan MNP, di situlah mulai menurun pendapatan di wilayah sekitar pesisir, sampai 2017 mulai timbul pulau dan di situmi hilang otomatis pendapatan kami di pesisir sampai sekarang,” ucapnya Amir pada video konferensi yang digelar beberapa hari.

Amir mengaku pembangunan MNP mengakibatkan nelayan khususnya di Kalukubodoa, Kecamatan Tallo semakin tidak sejahtera. Bahkan kata dia, banyak nelayan yang beralih profesi menjadi buruh bangunan dan buruh pelabuhan.

“Selama ada pembangunan ini, tidak ada sama sekali pemasukan dan hasilnya tidak memuaskan justru kita utang ditukang tagih, pokoknya banyak nelayan yang mengutang, akses juga semakin jauh, seandainya kita dikasih akses yang lebih dekat dengan mata pencarian, mungkin bisa lebih bagus paling tidak ada pembeli solar kalau kita mau ke laut,” beber Amir.

Sementara manajemen Pelindo IV mengaku proses pembangunan MNP sudah sesuai prosedur dan memiliki AMDAL yang dikeluarkan Kementerian Negara Lingkungan Hidup, serta memerhatikan mitigasi lingkungan sekitarnya.

Komentar