Oknum Wartawan Peras Perangkat Desa di Sinjai, Nilainya Rp25 Juta

Selasa, 23 Juni 2020 21:03

Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan saat menggelar jumpa pers di Makopolres Sinjai, Selasa (23/6/2020).

FAJAR CO.ID, SINJAI — Oknum wartawan berinisial AA diringkus polisi. Dia memeras perangkat desa di Kabupaten Sinjai senilai Rp25 juta.

Insiden ini dialami oleh Sekretaris Desa Bongki Lengkese, Kecamatan Sinjai Timur, Muhamad Rusli. Dia menjelaskan, pemerasan terhadap dirinya berawal ketika oknum tersebut datang ke wilayahnya untuk memeriksa proyek desa.

Setelah itu dia mendatangi korban dan menyampaikan temuannya. Dia mengancam akan mengekspos penggunaan dana desa. Namun, oknum itu berjanji tidak memublikasikan dengan syarat diberikan uang sejumlah Rp25 juta.

Oleh karena itu, Muh Rusli memenuhi permintaan oknum tersebut dan memberikan uang sesuai permintaan. “Saya berikan karena mengancam mau dimuat di media,” jelasnya, saat ditemui di Mapolres Sinjai.

Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan menjelaskan, penangkapan itu bermula saat tim saber pungli Kabupaten Sinjai mendapat informasi dari masyarakat tentang pengancaman dan pemerasan terhadap perangkat Desa Bongki Lengkese.

Sehingga tim saber pungli melakukan penyamaran sebagai Perangkat Desa bertempat dijalan Kelapa, Kelurahan Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara yang dipimpin Kanit Tipidkor Polres Sinjai Ipda Sangkala.

“Saat kejadian, pelaku sementara berbicara dengan korban (Muhammad Rusli) dan menyerahkan uang Rp25 juta, kemudian pelaku langsung diamankan dengan barang buktinya,” ujarnya.

Pelaku menjalankan aksinya dengan mengancam korban akan mengekspose berita melalui media online tentang penggunaan anggaran Desa Bongki Lengkese apabila tidak menyiapkan uang Rp25 juta.

Komentar