Episentrum Korona Meluas

  • Bagikan

“Kemarin ada kasus di Selayar, itu dari Makassar. Termasuk kasus di Bulukumba yang saat ini meningkat karena imported case dari Makassar. Makanya kami minta, warga jangan pulang kampung dahulu,” jelasnya.

Kasus di Makassar masih terus naik bahkan di atas 100 kasus harian. Makanya kapasitas laboratorium juga akan ditingkatkan. Saat ini sudah bisa menguji di atas 1.000 spesimen. Tetapi, rencana masih akan ditambah dua lab PCR.

Baca Juga: Ahli Epidemiologi Unhas: Penyebaran Covid Makin Meluas

“Tujuannya mempercepat deteksi agar cepat diisolasi. Makassar akan jadi fokus,” tegasnya.

Surat Keluar-Masuk

Ketua Gugus Tugas Sulsel ini menyebut memang mesti ada langkah khusus di Makassar. Seperti melakukan kembali screening lebih ketat. Pihaknya pun sementara menyiapkan skenario.

“Misalnya wajib ada surat keterangan sehat sebelum ke daerah. Kita lagi pikirkan itu. Kasihan daerah seperti Lutim, Bulukumba,” terangnya.

Mantan bupati Bantaeng dua periode ini menyebut melalui program wisata covid-19, pihaknya ingin Makassar jadi pusat penanganan. Sehingga daerah-daerah tetap bersih dari kasus covid-19. Ini penting agar lumbung pangan di daerah tidak terganggu.

“Makanya ODP atau OTG dari daerah kita minta kirim. Kita bantu selesaikan di Makassar. Agar daerah terutama yang menjadi sentra pangan tak terganggu aktivitasnya,” tukasnya. (FAJAR)

  • Bagikan