Menohok! Kritikan Yeyen Tumena ke Shin Tae Yong

Yeyen Tumena. Foto: Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia/PSSI

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong kembali menjadi sasaran tembak. Kali ini datang dari Ketua Asosiasi Pelatih Profesional Sepak Bola Indonesia (APPSI), Yeyen Tumena.

Yeyen dengan tegas mengkritik Shin Tae Yong yang dianggap menjatuhkan dan meremehkan sepak bola Indonesia.

Yeyen terang-terangan menyebut tak seharusnya sosok seperti Shin Tae Yong sering berbicara yang tidak-tidak kepada awak media, baik di Indonesia maupun Korea Selatan.

Memang, sebelumnya, Shin Tae Yong pernah menyebut kualitas permainan pemain Indonesia buruk. Kemampuan dasar pemain juga dinilai kurang bagus olehnya sehingga perlu ditingkatkan dengan maksimal.

“Jujur saja, sebagai pelatih menurut saya Shin Tae Yong terlalu banyak mengucapkan kata-kata yang tidak pantas. Termasuk meremehkan pemain Indonesia,” kata Yeyen yang pernah jadi Asisten Pelatih Timnas Indonesia saat Simon McMenemy jadi pelatih kepala Timnas Indonesia.

Menurutnya, Shin Tae Yong tak perlu gembar-gembor ke media, tetapi bekerja dan menjalankan tugasnya untuk memperbaiki kualitas permainan pemain Indonesia.

Dia khawatir, mental pemain Indonesia malah drop mendengarkan ucapan Shin Tae. “Pelatih seharusnya memberikan motivasi dan perkataan yang positif kepada pemain dan timnya. Bukankah dia dibayar mahal untuk memperbaiki sepak bola Indonesia,” tegas Yeyen. (dkk/jpnn)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar