Mentimun dan Manfaatnya untuk Cegah Penyakit

Ilustrasi jus mentimun (Health Thoroughfare)

FAJAR.CO.ID-- Mentimun adalah sayuran yang umum digunakan sebagai pelengkap masakan. Mentimun atau ketimun juga diyakini bisa menjadi detoks dan menjadikan sayuran ini salah satu pilihan dalam kandungan air infus (infused water).

Dalam Hari Mentimun Sedunia yang jatuh pada 14 Juni lalu, masyarakat diajak untuk rutin mengonsumsi mentimun dengan berbagai olahan. Dilansir dari Eat This, Rabu (24/6), mentimun mengandung sekitar 95 persen air, maka mudah untuk mengekstrak jus dari dagingnya. Mentimun tidak memiliki kandungan gula apa pun dan cocok untuk vegetarian.

“Kami mengajak dunia untuk mengonsumsi mentimun dan merayakannya dalam cara yang paling menyenangkan. World’s Cucumber Day adalah sebuah kesempatan untuk menunjukan bahwa mentimun adalah salah satu sayuran penting yang menambahkan cita rasa unik, dan menyegarkan,” kata Ambassador Hendrick’s Gin Asia Tenggara Charmaine Thio baru-baru ini kepada wartawan.

Selalu terhidrasi atau cukup cairan bisa dipenuhi dari mentimun. Mentimun memiliki sifat diuretik yang dapat membantu dalam pembuangan racun dan detoksifikasi tubuh, hingga penurunan berat badan.

Mentimun adalah sumber potasium yang baik, yang merupakan elektrolit alami yang akan membantu menghidrasi Anda (terutama setelah latihan) dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mentimun juga memiliki banyak antioksidan, yang dapat mencegah atau menunda beberapa jenis kerusakan sel dan membantu tubuh melawan kondisi kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...