Tangani Covid-19, Duta Besar Tiongkok Siap Perkuat Kerja Sama dengan RI

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia H.E. Xiao Qian menuturkan, pandemi Covid-19 telah berdampak parah terhadap negara-negara di seluruh dunia, termasuk Tiongkok dan Indonesia. Sejak munculnya wabah, pemerintah kedua negara telah bekerja sama untuk mengatasi kesulitan.

Di antaranya yakni pemberian bantuan dan pengadaan peralatan medis, pertukaran pengalaman diagnosis dan perawatan, penelitan dan pengembangan vaksin dan obat-obatan, serta pemulihan ekonomi. Menurut Qian, kerja sama ini mencerminkan persahabatan mendalam antara Tiongkok dan Indonesia.

“Berat sama dijinjing, ringan sama dipikul,” katanya melalui dalam pernyataan pers Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia, Rabu (24/6).

Qian mengatakan, saat ini pencegahan dan pengendalian pandemi telah memasuki normal baru. Masyarakat banyak menaruh perhatian pada bagaimana Tiongkok dan Indonesia mengatasi dampak Covid-19, terutama dalam hal kerja sama pragmatis kedua negara.

Menurut Qian, inti dari kerja sama ekonomi dan perdagangan Tiongkok dan Indonesia adalah saling menguntungkan. Di Tiongkok ada sebuah pepatah, ‘membangun jalan untuk melewati gunung, membuat jembatan untuk menyeberangi sungai’.

“Dalam menghadapi normal baru ini, Tiongkok bersedia bersama-sama dengan pemerintah dan semua kalangan masyarakat Indonesia untuk memperkuat bantuan timbal balik dalam memerangi epidemi, mempertahankan momentum positif perkembangan hubungan kedua negara, memperdalam kerja sama prakmatis di berbagai bidang, dan pada akhirnya mengalahkan pandemi Covid-19 dan mengatasi krisis,” katanya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan