Diskusikan Pesan BJ Habibie untuk Membangun Indonesia

Kamis, 25 Juni 2020 15:35

Miniatur pesawat R80 impian almarhum BJ Habibie. (Dok JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pengembangan teknologi industri di Indonesia menjadi mimpi almarhum Presiden RI ketiga BJ Habibie. Mimpi ini menjadi pekerjaan rumah bagi para penerus bangsa.

Dalam webminar Inotek Foundation bertajuk ‘Seribu Teknopreneur, Seribu Pekerjaan’ pada Kamis (25/6), pesan almarhum BJ Habibie untuk membangun bangsa Indonesia didiskusikan.

Putra BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie menyampaikan Indonesia harus belajar dari Korea Selatan dalam hal pengembangan teknologi. Alasannya karena Korea Selatan merupakan negara yang memiliki tingkat Pendapatan Domestik Bruto (PDB) terbesar di dunia.

Selain itu, sebesar empat persen dari PDB diinvestasikan pada penelitian. “Itu (PDB tertinggi di dunia) karena bangsa Korea berinvestasi (penelitian dan teknologi), tanpa kenal lelah mencapai tujuan, walau ada kegagalan,” ungkap Ilham Habibie. “Korea adalah salah satu contoh negara yang maju dari teknologi, Indonesia bisa belajar dari Korea,” tambahnya.

Dirinya berharap agar ke depannya pemerintah Korea Selatan dan Indonesia dapat menjadi mitra kerja dalam pengembangan teknologi. “Saya thumbs up (acungkan jempol), semoga Korea dapat menjadi mitra kerja dengan Indonesia dan mengembangkan industri teknologi di Indonesia,” tutupnya.

Terlebih, peluang usaha atas kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan telah terjalin sejak tahun lalu. Lewat kerjasama tersebut, Sandiaga Uno berharap teknologi clean energy atau energi terbarukan dapat dikembangkan di Indonesia.

Komentar