Kedapatan Tak Pakai Masker, KTP Ditahan

Kamis, 25 Juni 2020 18:38

Bupati Malang M. Sanusi saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Ngasem, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (Humas Pemkab Malan...

FAJAR.CO.ID,MALANG– Pemerintah Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, menyiapkan sanksi tegas kepada warga yang kedapatan tidak memakai masker pada saat melakukan aktivitas di luar rumah. Salah satu sanksinya kartu tanda penduduk (KTP) akan ditahan.

Bupati Malang M. Sanusi seperti dilansir dari Antara di Malang mengatakan, satpol PP bersama TNI dan Polri akan melakukan razia agar masyarakat patuh untuk mengenakan masker. ”Bagi masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker, KTP akan ditahan,” kata Sanusi pada Kamis (25/6).

Sanusi menjelaskan, sanksi berupa penahanan KTP bagi warga yang tidak menggunakan masker tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan edukasi kepada masyarakat supaya lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dengan masyarakat yang lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan tersebut, diharapkan kasus penyebaran virus korona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Malang bisa ditekan.

”Semoga masyarakat tidak sampai terjangkit Covid-19. Selain itu, tetap harus menjaga jarak dan jangan sampai lengah menghadapi wabah ini,” ujar Sanusi.

KTP warga yang tidak mengenakan masker tersebut akan ditahan di kantor kecamatan di masing-masing wilayah. KTP tersebut baru bisa diambil jika pemiliknya datang dengan mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan. Jika pada saat melakukan pengambilan KTP tersebut, warga tidak menggunakan masker, tidak akan dikembalikan. Operasi pendisiplinan yang dilakukan TNI Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja tersebut mulai berlaku sejak Rabu (24/6).

Komentar