Opsi Pinjaman Swasta Danai Stadion Mattoanging

Kamis, 25 Juni 2020 16:19

Stadion Andi Mattalatta, Makassar, harus menjalani renovasi dan PSM kemungkinan harus pindah kandang.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pinjaman swasta salah satu opsi sumber dana renovasi Stadion Mattoanging. Namun, perlu kajian risiko dan persetujuan DPRD.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Junaedi Bakri mengatakan, sebenarnya ada dua perusahaan yang dijajaki untuk pendanaan pembangunan Stadion Mattoanging. Selain PT Pos Logistics Indonesia, juga PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). SMI merupakan BUMN pembiayaan di bawah Kementerian Keuangan.

“Keduanya ditawarkan. Namun memang lebih condong ke PT Pos Logistics Indonesia. Salah satunya karena perhitungan beban bunga,” ungkapnya kepada FAJAR, Rabu, 24 Juni 2020.

Junaedi mengungkapkan, selain membayar pokok pinjaman, juga ada beban bunga utang yang harus dibayar bila kerja sama swasta. SMI misalnya, beban bunga utangnya 7,5 persen per tahun. Sementara PT Pos Logistics menjanjikan beban bunga lebih rendah.

“Ya, berani di bawah 7,5 persen. Namun memang proses kerja sama dengan pinjaman swasta ini tidak mudah. Harus persetujuan DPRD. Bila melewati masa jabatan, mesti disetujui Kementerian Dalam Negeri,” bebernya.

PT Pos Logistics, kata Junaedi, siap mendanai semua kekurangan biaya renovasi Stadion Mattoanging. Bahkan, mereka menawarkan untuk bisa mendanai berbagai proyek infrastruktur prioritas di Sulsel.

Selain stadion, juga jalan, pariwisata dan sebagainya. Estimasi kebutuhan anggaran itu sampai Rp10 triliun.

Komentar