Ramai Bahas RUU HIP, Sopir Disuruh Lafalkan Pancasila Malah Tersipu Malu

Kamis, 25 Juni 2020 20:08

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, GOWA — Ada yang menarik dari penindakan Sat Lantas Polres Gowa terhadap seorang pengendara roda empat yang tidak menggunakan masker.

Di tengah ramainya masyarakat membahas wacana Rancangan Undang-Undang (UU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP), pria ini justru tersipu malu saat diperintahkan mengucap sila-sila negara Indonesia ini.

Beberapa kali sopir itu tertunduk malu di hadapan polisi. Bahkan sempat menjadi bahan candaan bagi petugas kala itu. Tepatnya di tempat timbangan besi, sekitaran wilayah Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

“Sebagian besar mereka membawa masker. Tapi hanya disimpan dalam mobil. Hanya satu orang yang tidak punya masker. Jadi saya hukum membaca Pancasila,” kata KBO Sat Lantas Polres Gowa, Iptu Dayu Ari kepada Fajar.co.id, Kamis (25/6/2020).

Beberapa kali pria itu juga malah menertawakan dirinya sendiri saat mengucapkan Pancasila. Beruntung pria yang berbaju kaos hitam itu fasih mengucap ideologi Indonesia ini. Meskipun sempat beberapa kali terhenti karena tak tahan kelucuan dirinya, saat dihukum akibat tidak menggunakan masker.

Sebelumnya diberitakan, Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dinilai memiliki masalah substansial dan prosedural. Karena itu, pemerintah belum akan membahas RUU tersebut.

“Masalah substansial RUU HIP menyangkut dua hal pokok, pertama masalah keberlakuan Tap MPRS Nomor XXV tahun 1966 tentang Pembubaran PKI dan Larangan Penyebaran Komunisme, Marxisme, dan Leninisme itu sudah diselesaikan,” kata Menkopolhukam Mahfud MD di istana kepresidenan Jakarta, Selasa (23/6/2020). (Ishak/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI