Hati-hati… Konsumsi Vitamin C Berlebihan Bisa Bahayakan Ginjal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Vitamin C tak melulu membuat tubuh sehat. Sebab, jika porsi per hari vitamin C yang dikonsumsi berlebihan, bisa bahaya bagi ginjal.

Spesialis Gizi Klinik, RS Ibnu Sina, dr Asrini Safitri SpGK, mengatakan, mengonsumsi vitamin C secara berlebihan akan membuat saluran pencernaan bermasalah, seperti mual dan diare.

Bahkan tak sedikit yang berujung batu ginjal. Penyebabnya batu ginjal akibat oksalat saling terikat dengan mineral. Dari hal itulah terbentuk kristal yang merupakan penyebab batu ginjal.

Selain itu, konsumsi vitamin C berlebih kurang baik bagi tubuh karena menyebabkan peningkatan zat besi ke dalam tubuh. Akibatnya, timbul kondisi hemokromatosis atau penumpukan zat besi yang bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti hati, jantung, pankreas, kelenjar tiroid, dan sistem saraf pusat. “Normalnya kebutuhan vitamin C secara umum, yaitu 60 hingga 90 miligram per hari,” ujarnya kepada FAJAR, Jumat, 26 Juni 2020.

Misalnya, satu buah jeruk memiliki 70mg vitamin C. Untuk yang kandungannya 90mg vitamin C bisa didapatkan dari buah kiwi dan satu iris pepaya. “Tiap satu buah itu beda-beda, tetapi kalau mengonsumsi satu buah utuh kita sudah bisa penuhi kebutuhan vitamin C per hari,” katanya.

Jika tubuh kekurangan vitamin C karena jarang mengonsumsi sayur dan buah bisa ditambahkan dari suplementasi.

Ahli Gizi dan Menu Sehat UMI, Dr Andi Nurlinda SKM MKes juga menyarankan agar tidak berlebihan konsumsi vitamin C per hari, konsumsi satu buah saja. “Karena tidak pernah berlebih kandungan vitamin C nya kalau satu buah,” katanya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan